Ads

Tuesday 19 September 2017

CONTOH ISI PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA PEMBANGUNAN ASRAMA ATAU PESANTREN

BAB I
PENDAHULUAN

1.   LATAR BELAKANG
Desa ....................... terletak di Kecamatan ......................., dengan batas sebelah utara Desa Sukaharja Kecamatan Rajadesa, sebelah Timur Desa Patakaharja, sebelah selatan Desa Wangunsari dan sebelah barat Desa Tanjungjaya Kecamatan Rajadesa.
Secara Keseluruhan  keadaan masyarakat Desa ....................... beragama Islam sehingga tersebar di setiap Pelosok  Mesjid  dan Diniyah yang mengajarkan tentang Pendidikan Agama Islam yang dapat di eksplorasi oleh masyarakat  untuk Pembinaan dan pengembangan Pengetahuan Islam.
Sesuai dengan amanat reformasi disegala bidang, bahwa pembangunan yang dilaksanakan harus sesuai dengan keseimbangan dan keselarasan antara pembangunan fisik material dengan pembangunan mental spiritual terutama pembentukan mental umat Islam sejalan dengan meningkatkan  aktifitas keagamaan khususnya Agama Islam. Maka saat ini sangat dibutuhkan sarana prasarana yang mendukung kegiatan tersebut, yakni tersedianya sarana penunjang pembinaan dan pengembangan Pengetahuan  Islam yang refresentatif dan memenuhi persyaratan-persyaratan fisik bangunan yang baik.
Untuk mendukung hal diatas pada saat ini sehubungan Pondok Pesantren Babussalam yang berlokasi di  Dusun Desa Rt 008 RW 003 Desa ....................... Kecamatan ....................... Kabupaten ....................... sangat membutuhkan asrama untuk tempat menginap dan menetapnya para santri yang sangat banyak, dan tidak memdaianya asrama yang ada maka diperlukan pembangunan lanjutan asrama putri untuk aktifitas-aktifitas para santri dalam meningkatkan pembelajaran ilmu agama.
Dengan pertimbangan –pertimbangan tadi maka seyogyanya perlu adanya lanjutan Pembangunan  Asrama Putri   tersebut, dengan upaya ini diharapkan pada masa yang akan datang keberadaannya selain mampu menampung santi yang lebih banyak juga mampuh meningkatkan  aktifitas-aktifitas keagamaan lainnya, demi tegaknya syi’ar Islam ditengah-tengah masyarakat.
2.   MAKSUD DAN TUJUAN
a.    Maksud
Maksud Lanjutan Pembangunan  Asrama Putri  tersebut diatas yang berlokasi di Dusun Desa RT. 008 RW.003  Desa ....................... Kecamatan ....................... Kabupaten ....................... Prov. Jawa Barat :
-     Meningkatkan Pembinaan Umat dengan sarana dan prasarana yang memadai
-     Meningkatkan sarana ubudiyah bagi masyarakat agar lebih giat dalam mengamalkan syari’at Islam sehinga menjadi warga masyarakat yang berbudi pekerti luhur.
-     Untuk lebih termotifasi kegiatan – kegiatan keagamaan sehingga pelaksanaan Pembinaan dan pengembangan Pengetahuan Islam lebih nyaman dan tentram.
b.    Tujuan
Untuk menciptakan suasana dan wahana khususnya Umat Islam Khususnya dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT juga dalam rangka mengisi pembangunan dalam bidang mental spiritual.

3.   ALASAN /MASALAH YANG DI HADAPI
Masalah yang dihadapi selama ini adalah
a.    Asrama Putri  tersebut sudah tidak memadai, sehingga kegiatan Pembinaan dan pengembangan Pengetahuan Islam menjadi terganggu karena keadaan situasi tersebut.
b.    Minimnya dana untuk kegiatan perehaban dan Pembangunan
c.    Taraf Kehidupan masyarakat sekarang ini belum mempuh secara maksimal mewujudkan perehaban tersebut, mengingat besarnya anggaran tersebut .
Berdasarkan Hasil Musyawarah masyarakat di Dusun Desa   pada tanggal 10 Januari 2016 , Kegiatan Pembangunan tersebut perlu ditunjang oleh Bantuan dari Pemerintah Kabupaten ........................

4.   NAMA DAN LOKASI KEGIATAN
Nama Kegiatan adalah Lanjutan Pembangunan Asrama Putri dan berlokasi di Dusun Desa Rt 008 RW 003 Desa ....................... Kecamatan ....................... Kabupaten .......................
5.   RENCANA PEMBANGUNAN DANA
Rencana Anggaran Biaya - Terlampir

6.   JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Pelaksanaan  Sejak dibentuknya panitia Rehab secara terus menerus melakukan persiapan-persiapan, kegiatan rehab tersebut diperkirakan akan selesai selama ± 120 Hari Kerja setelah tersedianya dana.

7.   METODE /CARA PELEKSANAAN KEGIATAN
Dalam pelaksanaan Lanjutan Pembangunan Asrama Putri Pondok pesantren Babussalam akan dilaksanakan bersama sama masyarakat dan ditunjang dengan swadaya tenaga dan alat.
8.   TARGET KINERJA
Adapun target Kinerja yang diharapkan adalah terselesainya Pembangunan Asrama putri sampai selesai, bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh santriwati untuk pelaksanaan pembinaan syariat agama islam.

BAB II
PENUTUP
Demikian Proposal ini kami buat dengan sebenarnya dan berat hati, kami sangat mengharap partisifasi dari Bapak untuk ikut membantu demi tercapainya Lanjtan Pembangunan Asrama Putri Ponpes Babussalam. Semoga Alloh SWT senantiasa melindungi kita dan membalas kebaikan kepada pihak-pihak yang telah memperlancar kegiatan ini, amin.

PONDOK PESANTREN – TKQ/TPQ MADRASAH DINIYYAH
BABUSSALAM

Pimpinan,




..............................
Sekretaris,




...........................


1 comment:

  1. MIN MINTA SOFT FILE NYA MIN MOHON KE EMAIL - agoessoepriatna7@gmail.com jajakalloh min

    ReplyDelete